Apalah Arti Sebuah Nama

Apalah Arti Sebuah Nama

Dalam perjalanan saya Jakarta-Maroko PP. Empat kali saya ditanyai petugas imigrasi bandara internasional dan hotel tentang hal yang sama.
Petugas bandara 1:
“Who’s your first name?” saya dengan santai menjawab “Apriliana”, “… and your last name?” masih dengan santai saya menjawab “ I don’t have one”. “Really?, don’t you have a family name?” ..”No, in my culture we usually don’t have family name”..”hmm, interesting!” gumam petugas bandara itu. Memang kenapa kalau tidak punya nama keluarga ?
Petugas bandara 2:
“Who’s your first name?” (sigh) pertanyaan yang sama, “Apriliana” jawab saya, “… and your last name?”, waduuhh!! “same, Apriliana..” jawab saya sekenanya. Petugas bandara tersenyum bingung. Biarin!
Petugas hotel:
“Your passport please, …excuse me, who’s your first name??“ Gubrak!! pertanyaan yang sama dalam rentang waktu kurang dari 12 jam.. “Please, just write Apriliana Apriliana” kata temanku yang panitia acara, mencoba membantu. “My name is an effective name, right? hahaha” kata saya sambil tertawa hambar. Hiks..
Petugas bandara 3:
“Who’s your first name?” Oh tidaaakkk, ini harus dicegah! Jadi sebelum mbak petugas berkebangsaan Maroko itu bertanya lebih lanjut saya sudah nyerocos sambil tersenyum “I’ve been asked about this question for four times. I doesn’t have a family name because in my culture we usually doesn’t have it. Maybe because we are consider as ourself, not about who’s our father or mother. My name is very effective right? Only one single word-Apriliana.” Mbak petugas itu tertawa geli “wow, interesting!!, but usually women use her husband’s name, right?” Deg..”..well, usually no, not in the passport, and… I don’t have a husband yet…”pengen segera ngacir dari situ!
Pelajaran apa yang bisa diambil dari sini sodara-sodara? Demi efektivitas waktu, kalau kamu punya anak nanti jangan lupa buatlah namanya terdiri atas minimal dua suku kata. Bagi yang kadung cuma punya satu nama, kalau akan membuat passport cantumkan juga nama Bapak atau suami (jika tersedia) hehehehe…

Leave a comment