Chopin Larung

Komposisi ini adalah salah satu komposisi terbaik yang diciptakan pada tahun 1975 oleh Guruh Soekarno Putra. Liriknya dalam bahasa Bali yang intinya bercerita tentang kegelisahan seorang seniman yang disimbolkan dengan “Chopin”, nama seorang komposer Barat ternama karena rusaknya budaya bangsanya (baca: Bali/ Indonesia) akibat westernisasi. Komposisi ini demikian progresif karena ia mengambil sebagian dari komposisi “Fantasia Impromptu” karya Fryderyk Franciszek Chopin yang disandingkan secara elegan dengan gamelan Bali arahan I Gusti Kompyang Raka, pengrawit sohor di Bali kala itu. Komposisi ini dinamai “Chopin Larung” yang berarti Chopin Dihanyutkan. Meskipun lagu ini diciptakan lebih dari 30 tahun yang lalu akan tetapi komposisinya demikian indah dan lirik sendunya masih sangat relevan hingga kini. Sungguh jauh kualitas komposisi ini jika dibandingkan lagu-lagu Indonesia saat ini yang menurut saya mayoritas “cengeng”. Berikut lirik lengkap Chopin Larung beserta artinya:

CHOPIN LARUNG

Yen Chopin padem ring Bali (Jika Chopin meninggal di Bali)
kerarung saking Daksina (dihanyutkan dari Selatan)
Titiang mengenang Bali (Diriku mengenang Bali)
sunantara wong ngrusak – asik negara (sementara orang mengganggu negara/bumi)

Sang jukung kelapu – lapu (Perahu terombang-ambing)
santukan Baruna kroda (karena dewa laut murka)
Nanging Chopin nenten ngugu (Namun Chopin tiada memahami)
kadang ipun ngrusak seni – budaya (kadang bangsanya merusak seni budaya)

Risedeg sang jukung kampih (Ketika sang perahu terdampar)
ring Legian – Kayuaya (di Legian-Kayuaya)
‘te – lonte ring sisin pasih (pelacur di pinggir pantai)
anak lacur melalung ngadolin ganja (orang miskin telanjang menjual ganja)

Chopin ten uning ring Bali (Chopin tidak tahu mengenai Bali)
wong putih mondok ring Kuta (orang putih (bule) tinggal di Kuta)
Asing lenga lali ring Widi (Lupa pada Tuhan)
tan urungan jagi manemu sengkala (tak urung bakal menemui malapetaka)

Gending Chopin maring ati (Lagu Chopin di hati )
nabuhang wirama duka (melantunkan irama duka)
Duh nyama braya ring Bali (Duh, saudara-saudara di Bali)
dong sampunang banget nunaning prayatna  (tolong jangan terlalu…..)

Lagu/Syair : Guruh Soekarno Putra
Saduran : Guruh
Jakarta, 1975

Advertisements

13 thoughts on “Chopin Larung

  1. dayu istri says:

    Saya baru tau lagu ini kemaren, langsung belingsatn mencari mp3 nya dn liriknya. Ini lagu yg mampu membuat saya jatuh cinta pada kali pertama mendengar…. suksma

  2. Wirya Artha says:

    Lirik lagu yg luar biasa,membuat kita harus selalu ingat akan bumi Indonesia khususnya Bali,nyanyikanlah disaat santai atau perjalanan jauh, matur suksma

  3. komposisi lagu ini hebat sekali,saya tidak bisa berhenti mendengarkan ini karena saya tahu lagu ini adalah kenyataan yan terjadi di bali-indonesia sekarang.saya sangat kecewa dengan kualitas lagu indonesia sekarang (sama sekali tidak bermakna) lagu ini sungguh bagi saya menumbuhkan jiwa nasionalisme yang sekarang terbatas dimiliki oleh orang indonesia pada umumnya

  4. Saya penasaran dengan artinya, saya cari, lalu bertemu artikell ini. Terima kasih. Kalo boleh sampaikan referensinya dari mana. Luar biasa lagu yang diciptakan Guruh ini. Bagus dari isinya, enak dari lagu dan musiknya. Entah makannya apa Guruh bisa hebat begini. Tambah lagi jiwa nasionalismenya, semakin menuai simpati dan membuat lagunya abadi. Semoga ada lagi lahir orang macam Guruh. Tentunya luar biasa buat April notes, yang sudah mengungkap ini sehingga anak bangsa jadi tau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s